Selamat Datang di Blog “SATLANTAS POLRES BELITUNG TIMUR”
Kita ketahui bersama bahwa pengetahuan masyarakat kita dalam etika berlalu lintas masih kurang sehingga harus di tingkatkan. Berlalu lintas yang baik dan benar adalah kewajiban seluruh warga negara tanpa terkecuali demi keselamatan diri pribadi maupun orang lain serta merupakan perwujudan kualitas bangsa kita yang sebenarnya.
Untuk itu Satuan Lalu Lintas Polres Belitung Timur akan terus menerus berupaya untuk memasyarakatkan cara atau upaya berlalu lintas dengan baik dan benar. Blog ini merupakan salah satu upaya kami dalam rangka agar masyarakat luas dapat melihat referensi yang benar tentang lalu lintas. Mari kita ciptakan budaya berlalu - lintas yang baik dan benar demi keselamatan kita bersama. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Minggu, 06 Mei 2012

DIKMAS LANTAS DI SPBU DAN SD N 4 DENDANG

 
POLRES BELTIM, SAT LANTAS. Semenjak adanya rencana pemerintah yang akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), mengakibatkan terjadinya antrian panjang kendaraan yang akan mengisi BBM yang terkadang menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di areal SPBU dikarenakan para pengantri yang tidak tertib. Selain itu dampak akan rencana kenaikan harga BBM tersebut adalah akan timbul penyalahgunaan BBM bersudsidi yang banyak digunakan untuk usaha pertambangan. Selain itu, tingginya angka kecelakaan lalu lintas mendorong sat lantas untuk melaksanakan dikmas lantas dan penanaman disiplin berlalu lintas sejak usia dini. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi demi mewujudkan Kamseltibcar lantas di Wilkum Polres Beltim khususnya di Kec. Dendang.


Sosialisasi ini dilaksanakan oleh AKP Kaya Simatupang, IPDA Ryan Faisal, Briptu Mustakim dan Beriptu Suparno. Pada kegiatan dikmas lantas di SD N 1 Dendang yang berlangsung mulai pukul 07.00 s/d 10.30 Wib Tim Sosialisasi menyampaikan materi tentang disipilin berlalu lintas kepada orang tua dan Siswa SD tersebut. Hal ini lebih ditekankan pada kewajiban memakai helm SNI baik pengendara maupun penumpang dan menyalakan lampu utama pada siang hari. Hal ini bertujuan untuk menekan angka laka lantas serta mengurangi terjadinya fatalitas apabila terjadi kecelakaan.  Disamping itu pada kegiatan ini juga dilaksanakan sosialisasi tentang pengurusan pajak kendaraan dan pembuatan SIM.


Dalam kegiatan di SPBU Dendang yang dilaksanakan mulai pukul 11.00 – 14.00 Wib Tim Sosialisasi menyampaikan agar para pemilik kendaraan selalu menaati tata tertib aturan dalam berlalu lintas dan agar tidak melakukan aktivitas penimbunan BBM bersubsidi karena hal tersebut melanggar undang-undang. Selain itu juga disampaikan bagi pemilik kendaraan barang untuk melakukan uji kelayakan jalan di Dishub Kab. Beltim yang dibuktikan dengan adanya buku iji kendaraan atau yang biasa dikenal dengan KIR.

Masyarakat, Orang tua dan para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias karena dengan adanya kegiatan ini pengetahuan mereka tentang lalu lintas menjadi bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar